Thursday, September 12, 2013

Siklus Hidup Pengembang Sistem


Siklus Hidup Pengembangan Sistem
SIM yang dibangun dalam sebuah organisasi hendaknya mampu untuk menjangkau bukan hanya dapat digunakan beberapa peiode saja, tapi juga mampu menjawab dan beradaptasi segala tantangan atau perubahan dalam setiap periode tersebut. 
Untuk itu sebuah SIM yang dibangun harus dapat menjangkau hal itu atau bersifat dinamis, sehingga bila terjadinya suatu perubahan dalam sistem,maka pengembangan untuk selanjutnya dapat dilakukan.
Dalam Siklus Hidup Pengembangan Sistem atau disebut juga dengan SDLC (System Development Life Cicle) merupakan daur atau siklus hidup dari pengembangan sistem yang merupakan suatu bentuk yang digunakan untuk menggambarkan tahapan utama dan langkah-langkah di dalam tahapan tersebut dalam proses pengembangannya.

 Adapun langkah-langkah utama yang dilakukan dalam siklus hidup pengembangan sistem adalah :
Model SDLC (System Development Life Cicle)


1.    Tahap Perancangan
Adalah merencanakan apa yang akan dibuat saat akan melakukan pengembangan.
2.    Analisis Sistem
Setelah penyelesaian perencanaan,maka selanjutnya dalah dilakukan analisis yang dilakukan untuk menentukan apakah system yang akan dirancang system baru akan memperbaharui system yang sudah ada. Seperti mengumumkan penelitian system, mengorganisasi tim proyek, mengidentifikasi kebutuhan informasi, criteria kinerja system, menyiapkan usulan rancangan sampai dengan konfirmasi rancangan.
3.    Desain/Perancangan
Pada tahap ini adlah dilakukan proses dan danata yang diperlukan oleh system baru, seperti menyiapkan rancangan system secara detail, mengidentifikasi ,mengevaluasi dan memilih alternative konfigurasi system dan menyiapkan usulan penerapan. Pada tahapan ini sekaligus dalam hal penyeleksian.
4.    Penerapan Sistem
Setelah dilakukan tahapan penyeleksian,maka akan ditentukan model system baru yang akan dikembangkan yang mempunyai keunggulan kompetitif dapat dicapai, jika system tersebut dapat menggunakan secara maksimal terhadap sumber daya fisik dan sumber daya konseptual.
5.    Perawatan system
Dalam hal ini adalah bagaimana system yang sudah dibuat dan dikembangkan tersebut dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan relevansi kerjanya, dimana di dalamnya perlu adanya pengendalian dan pengontrolan terhadap system yang dijalankan tersebut agar system tersebut dapat bertahan dengan baik.

No comments:

Post a Comment