Thursday, September 12, 2013

Pengertian Network


  Network
Network adalah jaringan dari system komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih system komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komuniksi membentuk satu sistem.

Komponen Network
Komponen dari network adalah node dan link. Node adalah titik yang dapat menerima input data kedalam network atau menghasilkan output informasi atau ke dua-duanya. Contoh dari sebuah node adalah Printer atau PC micro computer sampai mainframe. Link adalah jalur transmisi untuk arus informasi atau data diantara node. Link ini adalah berupa kabel, microwave system dan satellite system.

Macam-macam jenis Network
Kategori sebuah network atau jaringan komputer dapat dibedakan berdasarkan jarak :
1.    LAN (Local Area Network): adalah jaringan komputer yang letaknya adalah berdekatan atau area local saja.
2.    MAN (Metropolitan Area Network) : adalah jaringan komputer dalam satu kota
3.    WAN (Wide Area Network) : adalah jaringan komputer yang jaraknya sangat berjauhan dan luas.

Macam-macam bentuk jaringan
1.    Star Network
Beberapa node dihubungkan dengan suatu node pusat yang membentuk jaringan seperti bentuk bintang. Semua komunikasi ditangani dan diatur langsung oleh central node. Central node melakukan semua tuanggungjawab untuk mengatur arus informasi diantara node yang lainnya.


2.    Hierarchical Tree Network
Network ini berbentuk seperti pohon yang bercabang, yang terdiri dari central node dihubungkan dengan node yang lain secara benjenjang. Central node berupa large computer yang merupakan jenjang tertinggi yang bertugas mengkoordinasi dan mengendalikan nnode jenjang di bawahnya yang dapat berupa mini computer atau micro computer.

3.    Loop Network
Merupakan hubungan antar node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertutup. Dalam hal ini tidak ada central atau host node, semua mempunyai status yang sama. Apabila salah satu node rusak, maka akan berpengaruh terhadap node yang lain.
4.    Bus Network
Bentuk ini menghubungkan beberapa node dalam jalur data (Bus) . masing-masing node dapat melakukan tugas-tugas operasi yang berbeda-beda. Dalam hal ini semua mempunyai status yang sama.
5.    Ring Network
Merupakan bentuk gabungan dari loop network dan bus network. Jika salah satu node tidak berfungsi atau rusak, maka tidak akan mempengaruhi komunikasi nde yang lain karena terpisah dari jalur data.
6.    Web Network
Merupakan  bentuk network yang masing-masing node dalam network dapat berhubungan dengan node yang lainnyamelalui beberapa link. Suatu web network mempunyai n buah node.
7.    Meta Network
atau biasa disebut juga dengan hybrid network, merupakan network dari suatu network atau gabungan dari beberapa network (Star network, loop dan hierarchical network)

No comments:

Post a Comment